Pages

Sabtu, 19 Februari 2011

Saya adalah Saya

Setelah beberapa hari vakum. Akhirnya tadi tepatnya pukul 17.15 sore, saya menjalani proses rekruitasi tahap ke-4 (pasti ingetkan saya ikut rekruitasi apa? kalo lupa..silahkan baca lagi blog saya sebelumnya). Saya pastikan satu kata sudah bisa mewakili bagaimana kronologis tes tahap ke-4 ini. Mau tau apa? MALUUUUUU..
Mau tau kenapa saya malu? Baiklah, saya akan mulai menjelaskan proses terjadinya..

Pagi tadi saya mendapat jarkoman oleh salah satu pejuang PFT, yang isinya..
"Hari ini ada rekrutasi tahap ke-4 jadwalnya beda-beda, tergantung NIM. Silahkan lihat di mading"
Saya yang hari ini free nggak kuliah, langsung bergerak menuju Lab PFT. Melihat ada 2 kertas yang tertempel disana (yang biasanya beberapa hari ini bertahan dengan 1 kertas).
Degdegan? Jelaaaaas..
Setelah melihat-lihat lembaran kertas baru itu, saya pun terdiam.
Kenapa nim saya tidak ada pada pembagian shiftnya? Awan-awan diatas kepala saya penuh dengan kata-kata "Apakah saya tereliminasi? Apakah saya tersisih? Apakah saya gugur?". Sudah berkali-kali saya melihat kertas itu. Tapi tetap saja saya tidak menemukan NIM saya (sekedar info NIM saya=112080189). Daaaaaaan, saya pun mengelus dada. Bodohnya saya. Kenapa saya selalu memerhatikan dibagian tengah dan bawah? Ternyata NIM saya berada di puncak urutan nama-nama pejuang PFT tersebut. Kali ini saya kebagian shift 1 jam 17.15 dan di urutan no.1 hmmmm baiklah, saya tinggal menunggu 6jam lagi (saat itu menunjukan pukul 11siang). Kejutan apalagi yang akan di berikan asisten-asisten kepada kita?

Tebakan saya kali ini benar. Tahap ke-4 adalah TES SOFTWARE.
1. Tes Map Info
2. Tes Microsoft Visual Basic
3. Tes Adobe photoshop

Beberapa jam yang lalu saya memang sempat sedikit mempelajari software-software PFT bersama pejuang PFT yang lain, sebut saja namanya Bunga. Kita belajar cara me-register peta, belajar excel yang pernah di bahas pada saat praktikum,dll. Entah kenapa saya dan Bunga hanya fokus ke Map INFO (salah satu software GIS) saja. Tidak terpikir, kita akan dites software VB.

tepat pukul 17.15 tes dimulai..
Untuk soal pertama, jujur saya katakan. Saya bingung dan tiba-tiba nge-blank. Satu halaman a4, penuh dengan soal yang harus dikerjakan menggunakan software Map Info. Dan itu hanya soal. Baiklah.. Saya pun mulai mengerjakannya, dengan modal coba-coba. Saya merasa, saya pernah mengerjakan soal ini, tapi saya lupa langkah-langkah apa yang harus saya lakukan. Ya Allaaah, kata-kata yang terbang melayang di kepala saya hanya pasrah. Seperti kata mama, beberapa saat sebelum tes dimulai. "Yang penting udah usaha, gimana hasilnya itu urusan nanti". Karna sebelumnya saya sudah bercerita, kalau saya kurang menguasai salah satu aplikasi untuk PFT ini. Kata-kata penyemangat dari mama papa memang obat paling mujarab saat saya down.

Untuk soal kedua, lebih jujur lagi saya katakan. SAYA TIDAK PERNAH MENGGUNAKAN SOFTWARE INI. Demi apa saya harus menyelesaikan soal dengan VB? jangankan untuk menjawab soal. Hanya untuk sekedar meninggalkan bekas kalau saya sempat ingin menjawab soal pada software ini, walaupun ngasal.. saya tidak tahu caranya. Bagaimana tidak? seumur hidup baru kali ini saya buka VB. Pada saat mengerjakan tugas besar matakuliah PFT, dimana teman-teman seperjuangan saya menggunakan VB untuk membuat program mereka. Saya menggunakan Macromedia Dreamweaver (salah satu software untuk membuat website menggunakan CMS). Salahkah kalau saya tidak bisa menjawab soal no.2 ini? Dengan penuh percaya diri dan keberanian, saya mencoba membalikan badan dan berkata kepada salah satu asisten pemantau yang duduk persis di belakang saya.

"Bisakah saya skip soal ini,kak? saya benar-benar tidak tahu apa yang harus saya lakukan"
dia pun menjawab "Silahkan, kamu tinggal menunggu waktunya habis 7 menit lagi"

Yak, lega rasanya. Saya hanya tinggal 7 menit, dan semua ini akan berlalu. Tapi perjuangan saya tidak berhenti sampai disitu saja. Kenapa asisten yang dibelakang saya tadi pergi dari singgasananya? Dan berjalan menuju ruang asisten. Diikuti beberapa asisten lainnya. Beberapa saat kemudian mereka keluar dengan wajah sumringah menahan tawa. Apa yang mereka lakukan didalam sana? Apa yang mereka bicarakan? Apakah membicarakan saya yang sama sekali tidak bisa menyelesaikan soal VB ini? Baiklaaah.. Wajah saya tiba-tiba memerah. Bisa dipastikan saya malu. Entah itu cuma perasaan saya saja. Atau memang benar? Tapi kenapa semua asisten menatap ke arah saya? Salah tingkah? pasti.. Semakin malu? tentu.. Saya hanya berusaha menenangkan diri. Berharap waktu cepat berlalu dan berusaha meyakinkan diri saya, bahwa mereka tidak sedang menertawakan saya.

"waktu untuk mengerjakan soal no.2 habis.."
Kata salah satu asisten untuk mengakhiri pengerjaan soal no.2

Pengerjaan soal no.3 dimulai. Sebelumnya ada pembagian software, sayap kiri menggunakan Corel Draw dan sayap kanan menggunakan Adobe Photoshop. Bisa dipastikan, tes terakhir adalah men-design. Apa yang harus di design? Soalnya ada di kertas biru yang sudah diletakan dihadapan kita masing-masing. Pada kertas tersebut kita disuruh memilih 1 diantara 3;
1. Buat cover modul PFT
2. Buat Pamflet Seminar GIS
3. Buat Bulletin

Rasanya ingin berteriak.. YESSSSS !!
2 soal sebelumnya boleh berakhir dengan suram gelap gulita. Untuk soal terakhir? thats my turn. Come to mama,baby.. Saya bisa menyelesaikan soal terakhir ini dengan baik, bahkan baik sekali. Saya mencoba membuat pamflet seminas GIS dalam waktu 15 menit. Keterlaluan jika saya tidak bisa menyelesaikan ini hingga tuntas.

Hanya software Adobe photoshop dan Corel Draw yang saya andalkan. Karna saya berfikir untuk software pendukung lain seperti Map Info atau VB, bisa dipelajari seiring berjalannya waktu. Tapi untuk Photoshop dan Corel? Sepintar apapun orang itu, walaupun mereka hafal semua nama dan fungsi semua toolbarnya, tapi jika mereka bukan tipe orang yang kreatif dan menyenangi design. Mereka tidak akan bisa menggunakan software ini. Butuh waktu lama untuk membangkitkan mood saat mencoba men-design sesuatu. Walaupun saya sudah merasa bisa, saya juga pernah stuck, buntu, dan tidak menghasilkan apa-apa. Apabila dipaksakan hasilnya juga tidak akan maksimal. Untuk itu saya memberanikan diri ikut rekruitasi PFT ini, walaupun IPK saya hanya 2,91, walaupun saya buta VB, walaupun ilmu Map info saya pas-pasan. Inilah yang saya bisa, inilah yang saya punya, dan inilah yang akan saya berikan untuk PFT.

Seperti yang dipesankan oleh salah satu asisten tadi..
"jangan down, tetap semangat.."
Bukan Jiji namanya kalau sekali malu, langsung down. (saya bisa malu juga ternyata :D )
Ini baru tahap 4, masih banyak rangkaian rekruitasi yang harus dilalui. Saya akan terus berusaha memberikan yang terbaik.
fight.. fight.. fight..



sekian
~gnyndlh :)


0 your comment please..:

Posting Komentar